Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Wisata Tambak, Hutan Bakau dan Pantai Keperan Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Tempat Wisata Keperan terdiri dari Tambak, Hutan Bakau dan Pantai Keperan yang berada di Situbondo bagian utara. Wisata Keperan terletak di Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran atau di sebelah timur Pantai Tangsi. Untuk menuju Wisata ini bisa lewat di Pasar Mangaran ke utara tanpa belok lagi. Bisa juga dari arah barat yaitu Pasar Tradisional Beringin ke timur.
Pada saat itu, ketika memasuki rumah penduduk dusun Keperan, jalan aspalnya mulai banyak yang rusak. Saat melintas di jalan ini terdapat tiang listrik tanpa kabel kemungkinan listrik menuju Dusun Keperan akan diperbaiki.
Setelah melewati rumah-rumah penduduk, maka akan memasuki kawasan tambak yang dikelilingi tumbuhan bakau. Batang dan akarnya sangat unik daunnya hijau. Dengan deretan bakau yang rapi dan mengelilingi tambak membuat pemandangan lebih indah.
Kata Mas Heru Budiyanto, tambak hutan bakau merupakan kawasan hijau yg jauh dari bising kendaraan, tempatnya sunyi namun dapat menenangkan pikiran. Di sana juga terdapat berbagai macam burung yang terkadang hinggap dan terbang dari bakau ke bakau lain sehingga menambah suasana hutan bakau itu begitu mempesona dan sesekali kicau burung-burung terdengar bagai musik penenang pikiran dan hati. Selain itu deretan pohon - pohon bakau yag tumbuh secara alami di tengah-tengah perairan terlihat seperti taman-taman sehingga membuat mata kita tak jemu-jemu untuk memandangnya disertai hembusan angin yang membuat kesejukan begitu terasa.
Jika pergi ke tambak ini disarankan dengan bersepeda agar bisa bisa mengelilingi tambak atau barangkali punya teman di daerah sini, kendaraanya bisa dititipkan, lalu berjalan kaki agar lebih puas menikmati udara yang sejuk dan tempatnya rindang.
Di sebelah utara tambak ini adalah Pantai Keperan. Pantai Keperan merupakan tempat jual – beli hasil tangkapan ikan para nelayan. Beberapa  perahu berjejer rapi di sebelah barat dan timur.  
Di pantai ini juga terdapat warung nasi dan minuman, toko peracangan dan rumah penduduk. Barangkali para nelayan yang lelah atau haus bisa beristirahat dan menikmati makanan di tempat ini. Banyak juga anak-anak yang bermain di sekitar tempat ini terutama  ketika sore.

Janurari 2016


 Foto-Foto oleh Mas Heru Budiyanto
Tambak dan Hutan Bakau





Pantai Keperan




Redaksi

Redaksi

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.